Isyana Sarasvati Tak Akan Pernah Tinggalkan Musik Klasik

Isyana Sarasvati Tak Akan Pernah Tinggalkan Musik Klasik FOTO:Foto: Asep Syaifullah
Sebelum berkarier di jalur musik profesional, Isyana Sarasvati sudah membekali dirinya dengan kemampuan bermain alat musik, membuat lirik dan komposisi aransemen. Isyana juga sempat mendalami musik klasik saat mengenyam pendidikan.
Di album EXPLORE!, mungkin kita tidak mendengar secara langsung suara sopran Isyana di lagu-lagunya. Tapi teknik vokal dalam musik klasik berpengaruh besar bagi Isyana untuk diaplikasikan ke jalur pop.
"Jadi kalau opera itu adalah major aku selama sekolah di luar negeri, dan minornya ambil compositon sama organ. Kita belajar opera itu seperti main teater," ujar Isyana Sarasvati kepada detikHOT.
Penyanyi lulusan Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) jurusan Music Peformance di Singapura itu belajar opera dan musik klasik tak hanya di bangku sekolah. Sejak kecil ibunya banyak mendengarkan musik klasik kepada Isyana. Selain sebagai pelajaran untuk teknik vokal dan memahami komposisi, musik klasik juga memberikannya banyak referensi.
"Tekniknya tuh sangat-sangat berharga dan bisa dipakai buat nyanyi pop juga. Kita main dengan suara seriosa dan bahasanya itu kebanyakan European language. Makanya pas aku sekolah itu banyak belajar bahasa Italian, French, German. Itu wajib. Ada juga yang in English," ungkap pelantun 'Kau Adalah' itu.
Isyana selalu merasakan sensasi berbeda ketika menyanyikan lagu klasik di hadapan penonton. Perasaan itulah yang selalu membuat dia rindu di jalur klasik.

Makanya di tengah kesibukan tur album EXPLORE!, Isyana dalam beberapa kesempatan menggelar Vocal Resital. Isyana sempat menampilkan "Resurrection" from the song cycle "Chants de Terre et de Ciel" by Olivier Messiaen, juga karya masterpiece Leonard Bernstein yang berjudul 'Glitter and be Gay.'

"Lagu-lagu yang aku nyanyiin juga lagu yang bermakna banget, di dalemnya itu tiap kata ada artinya. Jadi klasik itu sangat ngangenin buat aku, dan aku nggak mau berhenti. Dari awal tuh aku mulai di klasik, aku juga punya nama di musik gara-gara klasik," ucap penyanyi yang akan berusia 23 tahun pada 2 Mei mendatang.

Penasaran dengan suara sopran Isyana, atau tampil dalam opera? Simak video-video di bawah ini!







Previous
Next Post »
Thanks for your comment