Isyana Sarasvati: Saya Bukan Penyanyi, Saya Musisi

Isyana Sarasvati: Saya Bukan Penyanyi, Saya Musisi
Mulai meniti karier di jalur musik sejak usia 9 tahun, Isyana Sarasvati menapaki kesuksesannya dengan proses yang panjang. Dia tak hanya bisa bernyanyi, tapi juga membuat komposisi musik dan menulis lirik.
Oleh sebab itu, dara kelahiran Bandung 2 Mei 1993 ini merasa lebih nyaman jika dikenal sebagai musisi ketimbang julukan 'penyanyi. Isyana sudah menjuarai Grand Prix Asia Pacific Electone Festival sebanyak tiga kali, ditambah dengan karier di opera klasik.
Kemunculan Isyana di belantika musik Tanah Air kerap disandingkan dengan solois wanita lainnya. Namun pemilik album 'EXPLORE!' itu tak terlalu memusingkan anggapan publik.
"Saya bukan penyanyi, saya musisi!" katanya seraya tertawa. "Nggak mikirin sih, aku nggak ada mindset kayak gitu dipikiran sama sekali," tegasnya.
Isyana juga mematahkan anggapan bahwa dirinya berawal dari YouTube. Dia memang banyak menyalurkan hobi bermusiknya dengan cover lagu dari musisi-musisi terkenal. Tapi, banyak juga pertunjukan musik klasik Isyana yang bisa dilihat di situs berbagi video tersebut.
Tak sekadar membawakan, ia juga kerap melakukan improvisasi dengan sedikit mengubah komposisi lagu itu. Contohnya saat dia dan temannya memainkan lagu 'Naughty Boy' yang dipopulerkan La la la ft. Sam Smith. Isyana memberikan sentuhan rasa Indonesia dengan melantunkan lirik ala sinden. Perpaduan budaya pop kontemporer dan tradisional yang dia lakukan terasa begitu asyik.



"Kalau misalkan aku dianggap memulai karier dari video, itu sangat salah besar karena itu cuma hobi semata. Aku memulai karier dari umur 9 tahun di dunia klasik. Makanya itu yang harus di pertegas, bahwa di dunia musik itu dari kecil sudah masuk dalam ajang nasional maupun internasional," bebernya.

Isyana memang sudah piawai mengkomposisi musik sejak kecil. Saat berusia 15 tahun ia menciptakan musik menggunakan organ elektronik yang diberi judul 'Wings of Your Shadow'.
Lagu itu sempat dia mainkan di International Junior Original Concert 2008 di Bunkamura, Tokyo, Jepang. Hingga kini lagu komposisi Isyana masih menjadi lagu wajib para siswa musik organ di seluruh dunia.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment