Bila Jenuh di Akting, Acha Sinaga Pilih Jadi Guru

Belum ada notifikasi baru.

Lihat Semua Notifikasi

Hot Profile

Devy Octafiani - detikhot
http://ift.tt/1KCsE2SAcha Sinaga (asep/detikhot)
Jakarta - Meski akting adalah passion, namun Acha Sinaga tak memungkiri ia kerap diselimuti rasa bosan karena pekerjaannya itu. Bila sudah begitu, travelling menjadi jawaban untuk memulihkan semangatnya untuk kembali berakting.

Namun tak hanya sekedar travelling. Cewek kelahiran 30 Juni 1989 ini turut serta dalam gerakan pendidikan sebagai guru di kawasan tertinggal di Tanah Air.

"Udah hampir setahunan aku ikut organisasi Seribu Guru. Di situ aku sering diajak pergi ke berbagai tempat buat ngajar di desa-desa terpencil," kisah Acha.

Salah satu tempat yang berkesan ia pernah datangi yaitu desa Cioray di kawasan Jawa Barat. Selama tiga hari menetap di sana, ia didapuk menjadi guru bagi murid kelas 1 sekolah dasar bersama beberapa relawan lainnya.

Pengalaman unik yang tak terlupakan baginya kala menyaksikan seorang bocah lelaki yang tak mengenal Indonesia itu seperti apa.

"Dia pikir negara itu cuma desa tempat dia tinggal aja di Cioray. Padahal udah kelas 4 SD, akhirnya aku buka atlas dan jelasin kalau Indonesia itu luas dan terbagi beribu-ribu kawasan selain desa tempat dia tinggal selama ini," kenang Acha seraya menahan haru.

"Jadi guru buat anak-anak di desa-desa itu bikin aku bersyukur sih. Kita jauh lebih beruntung daripada mereka, kehidupan mereka jauh lebih berat. Jadi kalau dari kebanyakan kita pusing belum ganti handphone terbaru, duh hal-hal kayak gitu nggak sebanding sama apa yang udah aku lihat selama jadi guru ke desa-desa," paparnya.

(doc/hkm)
Acha tampak manis dibalut dress bermotif warna pink pastel.
Acha tampak manis dibalut dress bermotif warna pink pastel.<br />
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
"); //]]>


"); //]]>
Previous
Next Post »
Thanks for your comment